This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 21 Juli 2012

Merakit robot sendiri dengan Bioloid

Merakit robot sendiri dengan Bioloid

b1
Bioloid adalah robot kit yang terdiri dari beberapa part yang bisa kita rakit menjadi robot sesuka kita. Dan robot yang satu ini bukan mainan anak-anak umur 7 tahun, karena part-part yang disediakan cukup teknikal dan butuh pengetahuan yang cukup (tidak harus jenius). Dengan Bioloid, kita bisa merakit robot jenis apa saja, selama parts yang kita miliki mencukupi. Kemudian memprogram gerakan dan sifat robot tersebut menggunakan software yang telah disediakan.  Contoh gerakan yang bisa diaplikasikan adalah transformasi, misalnya bentuk awalnya adalah mobil, kemudian bisa ditransformasi otomatis menjadi robot berdiri.  Bisa terkoneksi langsung dengan PC/Laptop (USB/Wireless) ataupun dengan radio control. Bisa dipasangi kamera hingga laser panas. Kemudian juga ada detektor suara, cahaya, jarak, dsb. Pokoknya dijadiin apa aja bisa :roll:
Bagaimana cara kerjanya?. Part utama yang menggerakan robot Bioloid adalah Dynamixel, yaitu sejenis R/C servo (dinamo), tapi berbeda dengan R/C servo biasa, Dyamixel bekerja dalam jaringan yang memiliki fungsi feedback. Dengan begitu, seluruh Dynamixel pada Bioloid bisa bekerja sama dengan saling mengirimkan feedback.
b2
Daftar Dynamixel
Sebagai contoh, untuk membuat tangan robot, maka diperlukan 3 poros, yaitu bahu, siku dan pergelangan tangan. Maka kita memerlukan 3 Dynamixel. Satu diletakan di bahu, di siku dan terakhir di pergelangan tangan. Kemudian untuk melakukan gerakan melambai (misalnya), maka ketiga Dynamixel ini saling berkomunikasi dalam melakukan setiap gerakan agar poros-poros tangan tersebut bisa mensimulasikan gerakan melambai. Simpel kan?. Banyaknya jumlah Dynamixel pada sebuah robot tergantung dari design kita. Anggap saja untuk sebuah tangan/kaki diperlukan 3 dynamixel, maka diperlukan sekitar 12 dynamixel (atau lebih) untuk membuat robot menyerupai manusia. Tapi itu semua kembali pada design yang kita miliki, karena dengan jumlah Dynamixel yang sedikitpun kita tetap bisa membuat robot yang diinginkan asalkan designnya tepat.
Dynamixel pada berbagai macam robot
Dynamixel pada berbagai macam robot
Part selanjutnya yang tidak kalah penting adalah CM-5, ini adalah part utama yang mengontrol semua Dynamixel. Karena ini adalah centralnya, jadi untuk satu robot biasanya hanya butuh 1 buah CM-5. Part ini bisa dibilang sebagai komputer kecil, dimana didalamnya terdapat berbagai macam instruksi yang menggerakan setiap Dynamixel. Kita tidak perlu memusingkan part ini, karena dia bekerja otomatis sesuai instruksi yang diberikan. Cukup meletakannya di robot kita dan menghubungkannya ke semua Dynamixel. CM-5 menerima instruksi dari PC / controller untuk kemudian memberikan perintah kepada Dynamixel untuk bergerak.
CM-5 pada robot prajurit
CM-5 pada robot prajurit
Kemudian komponen selanjutnya adalah software, Bioloid menyertakan software The Behaviour Control Programmer dan Three-Dimensional Motion Editor. Setelah kita merakit robot sesuai design kita, selanjutnya kita menghubungkannya dengan software tersebut untuk membuat gerakan-gerakan dan sifat-sifat robot. Sifat-sifat robot ini contohnya adalah, ketika detektor suara mendeteksi suara sekian dB, maka akan melakukan gerakan-gerakan tertentu, dan lain sebagainya. Kemudian software motion editor juga bisa digunakan untuk membuat gerakan kompleks bagi si robot, sebagai contoh adalah robot mobil yang berubah menjadi prajurit, atau sebaliknya.
Mengedit gerakan dan sifat robot
Mengedit gerakan dan sifat robot
Ketiga part inilah yang menjadi kunci utama bioloid. Dengan PC/Laptop, kita nyalakan software yang telah disediakan, lalu hubungkan PC/Laptop kita dengan CM-5 yang ada pada bioloid menggunakan kabel USB yang telah disediakan, kemudian robot bioloid pun siap dioperasikan. Dengan cara kerja sebagai berikut : PC/Laptop mengirimkan instruksi ke CM-5, kemudian CM-5 menerima instruksi lalu memerintahkan Dynamixel untuk bergerak.
Kemudian part yang juga dikontrol oleh CM-5 adalah Sensor Module (AX-S1), part ini difungsikan untuk mendeteksi jarak, mendeteksi suara, dan sebagainya.
Part-part selanjutnya adalah frame, yaitu casing-casing kecil yang bisa ditempelkan dibagian-bagian tubuh si robot, kemudian sekrup, kabel, stiker, dan lain sebagainya.
Part-part bioloid sebelum dirakit
Part-part bioloid sebelum dirakit
Saya rasa Bioloid cocok untuk edukasi pelajar dalam mempelajari prinsip-prinsip robotika serta para hobbyst. Dengan parts dan software yang telah disediakan, kita bisa mendesain robot sesuka kita dan mengaplikasikan gerakan dan sifatnya.
Bioloid sendiri terjual secara paketan dan terpisah. Untuk paket, ada jenis Beginner (pemula) yang berisikan sebuah CM-5, 4 buah Dynamixel, 1 buah sensor module, baterai, power eksternal, CD, manual, dan part-part aksesoris lainnya. Kemudian paket lainnya adalah Comprehensive dan Expert, yang berisikan lebih banyak part dan bisa mengaplikasikan lebih banyak hal. Bioloid juga ada yang dijual terpisah, dimana kita bisa membeli dynamixel dan part-part lainnya sendiri-sendiri.
Harganya?. Untuk Bioloid yang paket Beginner, dijual seharga USD349. Kalau tinggal di Indonesia, mungkin totalnya akan jadi USD420 setelah ditambah ongkos kirim (DHL). Saya pribadi menilai harga ini tidak murah, dan tidak mahal. Tidak murah karena dengan harga tersebut part yang bisa didapatkan tidak banyak (hanya 4 dynamixel, mungkin karna memang Beginner Packet). Dan tidak mahal karena untuk kategori hobyist, harga segini cukup reasonable, dan kita sudah bisa membuat robot dengan mudah tanpa perlu otak super jenius. Bayangkan orang-orang yang membuat robot dari dasar :roll: .
Paket selanjutnya yaitu Comprehensive dijual seharga USD899 dan Expert dijual seharga USD2.999. Tapi saya rasa beginner kit juga sudah cukup untuk muasin hobi sebelum mulai ke tahap advanced.
Berbagai macam bentuk bioloid
Berbagai macam bentuk bioloid
Bagaimana? tertarik membuat robot sendiri?. Lihat juga contoh video-video transformasi robot Bioloid yang ada di Youtube. Contohnya mobil truk yang berubah jadi robot prajurit, dan juga ini. Atau search saja dengan keyword “Bioloid” di google, banyak sekali info dan video-video keren tentang bioloid. Bagi yang cowok biasanya pasti ngiler liat ginian, ayo nabung :roll:

Cara Membuat Proyektor Sederhana Di Rumah + Gambar Proye

Cara Membuat Proyektor Sederhana Di Rumah + Gambar
Proyektor TV 14”-21” jadi 150”

kalau gambarnya kurang jelas di klik azah iyh gan,,,,, plis


Pengantar

Anda pernah memimpikan punya home theater di rumah? Kami akan membantu anda mewujudkannya. Dengan membeli paket lensa proyektor dilengkapi manual pembuatannya seharga Rp.100.000 saja anda dapat menikmati hiburan di layar 100”.

Proyektor ini merupakan teknologi tepat guna berdasarkan teori fisika lensa. Namun tidak perlu pengetahuan khusus untuk dapat membuatnya. Siapapun bisa menyelesaikan proyek ini dalam 1 atau 2 jam saja.

Bagi mereka yang tinggal di pedesaan teknologi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Sebagai hiburan pribadi, sebagai bioskop layar tancap yang bisa disewakan dengan biaya murah, ataupun sebagai alat bantu penyuluhan dan pendidikan.

Spesifikasi lensa:
1. Tebal 0.44 mm
2. Bahan Acrylic PVC
3. Dimensi 180mm x 260mm
4. Panjang fokus 30cm
5. Lentur

Televisi yang dibutuhkan:
1. Televisi 5”, 21” hingga 30”.
2. Layar cembung atau lebih bagus lagi layar datar.

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Lensa proyektor
2. Tripleks/multipleks, kardus atau Styrofoam untuk pembuatan kotaknya.
3. Cat hitam dop atau karton hitam untuk pelapis bagian dalam kotak.
4. Penggaris
5. Cutter atau Gergaji.
6. Lem atau paku
7. Palu
8. Tripleks whiteboard untuk layar.
9. Pensil

Langkah pembuatan:

1. Lensa ini sifatnya selain memperbesar gambar juga membalik gambar secara horisontal dan vertical, atau dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Karena itu supaya gambar di layar berada pada posisi normal kita harus :
Memasang switch pembalik horizontal-vertical. Mintalah bantuan Tukang service TV. Jangan dikerjakan sendiri tanpa pengetahuan yang cukup. Biasanya berkisar antara Rp.5000 – 10.000 saja. Karena alat switchnya sendiri mungkin cuma seharga 500-2000 rupiah. Lihat gambar berikut:

(Kaki-kaki dihubungkan ke tabung CRT
Switch)




=======================================================
2. Buat 2 buah kotak seperti bagan di bawah. Satu buah kotak untuk menangkap cahaya dari layer Televisi. Satu buah kotak yag lebih kecil untuk kotak focus. Buatlah kotak focus sedemikian agar dapat masuk kotak yg lebih besar sehingga dapat dimaju mundurkan seperti layaknya kamera untuk mengatur focus sehingga didapat kualitas gambar yang terbaik. Bahan kotak disarankan dari multipleks atau tripleks agar kuat. Buatlah agar kotak fokus dapat digeser dgn mudah namun tidak goyang atau terlalu longgar.


=======================================================
3. Bagian dalam kotak focus dapat dibuat seperti piramida yang dipotong ujungnya sehingga mengarahkan cahaya ke lubang lensa.

4. Cat bagian dalam kotak dengan warna hitam dop (tidak mengkilat) agar dapat menyerap cahaya dengan baik.

5. Kekuatan intensitas cahaya proyektor sederhana ini berkisar antara 75-100 lumens. Jadi untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik jangan sampai ada yang bocor dari kotak proyektor yang kita buat.


=======================================================

6. Siapkan layar yang terbuat dari tripleks berlapis melamin/formica putih seperti pada whiteboard. Atau gunakan kertas putih glossy seperti pada kertas kalender dinding. Dinding berwarna putih juga bias digunakan, namun agak menyerap cahaya dan teksturnya tidak halus sehingga agak berpengaruh pada gambar. Meskipun demikian anda dapat mencoba bahan-bahan lain berdasarkan pengamatan anda sendiri, misalnya menggunakan bahan kain satin putih.

7. Bila memungkinkan berilah bingkai berwarna hitam pada layar untuk semakin meningkatkan kualitas batas gambar/tulisan di layar, meskipun pada umumnya sudah baik. Tulisan juga dapat terbaca dgn jelas.



=======================================================

8. Bagian depan lubang lensa dapat diberi semacam sayap di kiri kanannya berupa karton hitam lebar kira2 10 cm untuk menambah kontras. Atau bisa dibuat seperti corong seperti pada kamera.

9. Saat menggunakan proyektor, disarankan ruangan dalam kondisi gelap. Ingat kita hanya mengandalkan cahaya televisi. Tidak seperti proyektor mahal yang menggunakan lampu penguat khusus yang besarnya 500 watt ke atas.
=======================================================
Detail Gambar:

=======================================================
10. Kualitas gambar sangat tergantung kualitas TV anda. Untuk menonton VCD disarankan gunakan VCD original yg detil gambarnya memang bagus. Lebih baik lagi bila menggunakan DVD, untuk menonton film kartun atau bermain game Playstation.

11. Untuk lebih sempurna, gabungkan dengan sound system yang bagus. Sehingga suara tidak datang dari belakang kita tapi dari arah depan.
bila berhasil ini akan menjadi milik anda:

Cara Merakit Laptop Buatan Sendiri Dengan Mudah Edisi 26

Cara Merakit Laptop Buatan Sendiri Dengan Mudah Edisi 26

Merakit Laptop di Edisi bulan mei ini dhaniels akan berbagi tentang cara merakit laptop Anda sendiri dengan model merk Axioo yang dapat membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang, belum lagi kepuasan tersendiri. Perlu diingat meskipun itu bukan tugas sederhana. tetapi anda menjadi tahu tentang cara kerja setiap komponen laptop yang merupakan instrumen agar laptop bekerja.

Setiap laptop memiliki panggilan model "BareBones". Ini adalah kerangka tulang yang terdiri dari komponen utama yang penting dalam perakitan laptop Anda. Model BareBones termasuk motherboard, optical drive, LCD Panel, konektivitas pelabuhan dan chasis.

Ada komponen yang Anda harus memilih sendiri, dan ini adalah CPU, hard drive, kartu video dan kartu nirkabel. Anda dapat menghubungi toko komputer atau online mencari produk BareBones laptop. selamat mencoba. dan jangan lupa juga baca artikel tentang 24 video tutorial Digital Painting

Komponen Laptop yang akan di rakit

Casing Laptop Axioo
Memory, card WLANprosesor, dan harddisk yang akan di rakit ke laptop Axioo
Harddisk dan spacer-nya
spacer yang sudah di pasang di harddisk
Memasukan harddisk ke tempat harddisk di body laptop
Harddisk yang sudah terpasang
tutup casing tempat harddisk
Pasang Card WLAN
lokasi pemasangan card WLAN terletak di sebelah kiri aras motherboard. Terlihat ada dua (2) kabel antenna kecil yang keluar
masukan card dengan posisi miring sebelum nantinya akan dikuatkan dengan baut
Eratkan dengan baut
Pasang dua (2) kabel antenna WiFi ke card WLAN
Letakan Memory miring sebelum nantinya di pasang dengan benar
Tekan dan pastikan di kiri kanan terkait dengan benar ke soket memory di motherboard
Pasang Prosesor
Pasang Processor pada laptop Axioo
Kencangkan baud pada soket prosesor menggunakan obeng
Pasang Heatsink Saluran Angin
Pasang Saluran Angin dan Heatsink
Pasang baud pada prosesor dan kencangkan menggunakan obeng
Pasang Power untuk Cooling Fan
pasang kabel power untuk cooling fan ke motherboard
cooling fan terletak di penutup motherboard

Tutup Penutup Motherboard
pasang penutup motherboard
pasang baud dan kencangkan dengan obeng
Yang terakhir tinggal pasang batere-nya
Selesai deh laptop rakitan sudah jadi tinggal anda mencobanya berhasil atau tidak?


Refrensi : www.dhanils.com

Read more: http://ichsanx.blogspot.com/2011/07/cara-merakit-laptop-buatan-sendiri.html#ixzz21FVGIPjK

Tips Cara Mengembalikan File Yang Hilang

Tips Cara Mengembalikan File Yang Hilang

13 March 2012
Ada beberapa penyebab suatu file atau folder hilang dari hard disk Anda. Salah satunya adalah karena virus. Apa yang menyebabkan file tersebut hilang?

Pertama ialah karena virus ini mengubah extend file folder menjadi exe, kemudian setelah discan dengan antivirus AVG, Norton dsb. file folder yang berextension exe tersebut akan hilang. Disinilah letak kepanikan kita, padahal kalo kita cek properties masih ada size yg mengisi driver terserbut.

Dari beberapa pengalaman user yang mengalami troubleshooting, ada beberapa sofware unik yang dapat digunakan untuk mengembalikan file tersebut. Anda tidak akan menyangka beberapa software multimedia bisa mengembalikan hidden file tersebut.

Caranya gunakan fasilitas eksplorer dari software tersebut yang diarahkan ke tempat file / folder yang hilang. Kemudian di eksplore file tersebut akan kelihatan. Coba anda cek propertiesnya jika status file / folder di posisi hidden … Anda tinggal cabut saja tanda cheklistnya, kemudian tinggal liat di ekplorer windowsnya….

Kemudan ada juga dengan menggunakan NERO software yang digunakan untuk burning ini ternyata mampu melihat file virus dengan extn winzip_temp.exe

Ada satu cara lagi,? yaitu dengan menggunakan Tools terampuh untuk mengatasi kasus ini adalah dengan menggunakan Command Prompt, adalah salah satu program bawaan Windows yang terletak di “C:WINDOWSSystem32” dengan nama “cmd.exe”. Untuk menggunakannya, mudah sekali

Klik Start – Run kemudian ketik cmd dan enter

Arahkan lokasi command prompt ke drive yang file-file nya terhidden karena virus.

Misalnya korban virus kali ini adalah drive E, maka anda tinggal ketik E: lalu tekan Enter maka tampilan command promport akan tampil seperti ini E:

Kemudian pada command prompt, ketik attrib -s -h *.* /s /d lalu Enter.

Tunggulah beberapa saat kemudian lakukan cek kembali drive dimana file-file tadi disembunyikan.? Kalau muncul kembali, berarti berhasil. Kalau tidak, berarti file kita benar-benar terhapus.


Sumber :Infotekno.co.id

Penyebab Komputer Menjadi Lambat dan Sering Hang dan Cara Mengatasi

Penyebab Komputer Menjadi Lambat dan Cara Mengatasinya

 
 
 
 
 
 
4 Votes

Penyebab Komputer Menjadi Lambat dan Sering Hang dan Cara Mengatasi

Siapa tak senang jika mendapatkan laptop atau PC yang baru. Apalagi spesifikasi di dalamnya benar-benar mulus. Ketika Kita mencoba menjalankan suatu aplikasi, performa akan computer Kita benar-benar bisa diacungi jempol. Namun, lama-kelamaan performa akan computer Kita semakin lama semakin lambat. Hingga benar-benar lambat. Apa yang terjadi dengan computer Kita? Apakah Kita harus membuangnya dan menggantikan dengan yang baru?
Kebanyakan dari Kita mungkin menganggap bahwa ini adalah sebuah virus. Namun tidak demikian. Belum tentu computer yang kinerjanya lambat disebabkan oleh virus-virus yang bergerombol. Lantas, apa yang menyebabkan computer memiliki performa yang lambat.
Berikut akan dibahas masalah-masalah yang menyebabkan kinerja computer menjadi lambat.
  • Masalah yang paling utama adalah di dalamnya terdapat virus, spyware, dan Trojan.
  • Banyak terdapat registry yang rusak.
  • Banyak terdapat Temporary Internet Files yang bisa mengakibatkan memory penuh.
  • Banyak terdapat start up program.
  • Susunan disk drivenya tidak beraturan karena tidak pernah didefragmenter.
  • Banyak service yang tidak dibutuhkan menyala.
  • Anti-Virus ada yang sedang berjalan (Scanning otomatis setelah start up).
  • Banyak program dobel. Misalnya CorelDRAW X3 dan COrelDRAW X5 terpasang bersama. Hal ini bisa mengakibatkan computer crash.
  • Komputer yang tidak memiliki VGA dipaksakan untuk menjalankan Windows Aero yang seperti Kita ketahui bahwa Windows Aero dapat bekerja dengan baik apabila ada Graphic Card minimal 128MB.
  • Antara OS dan spesifikasi yang ada tidak mumpuni. Misal Intel Pentium kecepatan 1,3 GHz tetapi terpasang OS Windows 7.
Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah-masalah diatas. Tenang. Jangan tergesa-gesa. Berikut akan diulas cara-cara untuk mengatasi masalah-masalah diatas.
  • Scan habis virus, spyware, dan Trojan yang ada. Disarankan untuk memakai McAfee AntiVirus Enterprise untuk membasmi virus dan Trojan dari luar, Super AntiSpyware untuk menghapus spywarenya, dan Smadav untuk anti virus yang di dalam negeri. Klik disini untuk download super AntiSpyware dan download samadav dengan mengklik banner smadav yang ada di kotak bagian kanan.
  • Registry yang rusak, dapat diperbaiki dengan menggunakan Glary Utilities. Anda bisa mendownloadnya dengan mengklik disini.
  • Temporary Internet Files merupakan file sampah. Cara menghilangkan adalah Klik kanan pada Harddisk system (biasanya partisi C:) lalu cari pilihan disk cleanup tunggu hingga proses selesai dan delete files.
  • Untuk mengatasi masalah start up program, klik start>run>msconfig. Cari tab Startup lalu hilangkan centang pada program yang tidak dibutuhkan. Untuk melakukan hal ini, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Harus butuh pemikiran. Jadi, untuk masalah yang ini saya sarankan agar Anda bertanya melalui komentar atau e-mail Kami.
  • Terkadang, sebuah computer harus di disk defragment minimal 2 minggu sekali. Namun, kebanyakan user computer tidak mengetahui hal ini. Untuk defragment, sebenarnya sudah ada programnya bawaan dari Windows. Namun, alangkah lebih baiknya apabila Anda menggunakan program yang bernama O&O Defrag untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Untuk service, kasusnya juga sama seperti pada startup. Hanya saja pada saat tampil tampilan Microsoft configuration (setelah mengetikkan msconfig pada run) cari tab yang bernama services. Tindakan ini juga perlu hati-hati. Disarankan agar Anda bertanya melalui kotak komentar atau e-mail Kami.
  • Banyak orang juga tidak mengetahui bahwa automatic scanning setelah startup dapat memberatkan kinerja computer. Lebih baik hal ini dimatikan saja. Pengaturannya tergantung antivirus masing-masing.
  • Program yang dobel sebaiknya dihilangkan salah satu yang tidak cocok dengan hati Anda.
  • Jangan menggunakan fasilitas Windows Aero jika tidak memiliki VGA card yang mumpuni. Pemaksaan dapat membuat kerusakan pada hardware terutama processor karena dipaksa bekerja secara berat. Lebih baik menggunakan Windows Basic daripada pemaksaan menggunakan Windows Aero.
  • Sesuaikan antara spesifikasi dan OS yang Anda inginkan. Jangan minta Windows Vista ataupun Windows 7 Ultimate jika kecepatan processor Anda kurang dari 2,0 GHz (satu inti).
Bagi teman-teman yang belum paham atau menemukan kesulitan tentang masalah ini, silahkan comment atau kirim pertanyaan via e-mail ahmad_100persencrc@yahoo.co.id. Pasti dibalas kok. . Sampai Jumpa. . Semoga berguna. .

Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Hang

Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Hang

Sebenarnya banyak faktor yang bisa membuat komputer menjadi melambat atau bahkan hang. Berikut ini adalah beberapa pengalaman saya ketika memperbaiki komputer yang hang.
1. Komputer hang karena CPU kepanasan
Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :
  1. Buka heatsing dan kipas processor secara hati – hati.
  2. Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  3. Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
  4. Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
  5. Perhatikan posisi heatsink (pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.
heatsink intel lga 775
Heatsink for Intel LGA 775
2. Komputer hang karena Power Supply kekurangan daya
Ada kalanya juga komputer hang karena Power Supply yang sudah rusak, meskipun tidak menyebabkan mati total, kekurangan daya pada power supply bisa menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi. 3. Komputer hang karena hardisk bad sector
Saya pernah mengalami kejadian dimana setelah Windows booting semua tampak berjalan normal, tetapi ketika membuka sebuah dokumen dan mulai bekerja, tiba-tiba mouse dan keyboard diam, komputer menjadi hang!!!. Sayapun kemudian mencopot hardisk tersebut dan memasangkannya pada komputer lain kemudian menjalankan program checkdisk untuk memeriksa dan memperbaiki keruksakan pada  hardisk tersebut. Setelah hardisk selesai diperbaiki kemudian dipasangkan kembali pada komputer sebelumnya dan Alhamdulillah kondisi komputerpun normal kembali.
4. Komputer hang karena VGA Card rusak
Beberapa komputer juga mengalami hang karena terdapat keruksakan pada katu VGA-nya. Hal ini juga pernah saya alami ketika seorang teman mengeluhkan kondisi komputernya yang tiba-tiba aja menjadi sering hang. Setelah saya cek ternyata heatsink pada kartu VGA terasa panasnya tidak normal, untuk itu sayapun kemudian mengganti kartu VGA tersebut dan ternyata setelah kartu VGA saya ganti kondisi komputer menjadi normal kembali.
5. Komputer hang karena koneksi LAN
Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, kadang kala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, program berjalan lambat dan akhirnya komputer seakan-akan menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan.
Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:
  • pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
  • gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan
    contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1
  • lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.
  • cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).
  • troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.
Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki kondisi komputer yang hang, semoga membantu..
umber : http://www.catatanteknisi.com/2010/02/cara-memperbaiki-komputer-hang.html#ixzz1lbZdUf2e

CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK YANG TERKENA VIRUS

CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK YANG TERKENA VIRUS

 
 
 
 
 
 
1 Votes

Flashdisk adalah sebuah alat untuk menyimpan data layaknya hard disk pada sebuah perangkat komputer. Karena itu flash disk memang sangat berguna bagi kita yang sering butuh alat untuk menyimpan data yang bisa kita bawa kemana-mana. Nah jika flash disk yang kita punya dan di dalamnya terdapat file atau data-data penting yang kita butuhkan tiba-tiba terkena virus,bagaimana kita harus memperbaiki flash disk yang terkena virus tersebut ?
Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara memperbaiki flash disk yang terkena virus, disini saya tegaskan, dalam hal ini yang akan saya bahas adalah bagaimana cara memperbaiki flash disk yang terkena virus Trojan win32.VB.pod. Atau bagaimana cara kita memperbaiki file flash disk yang di hidden virus. Karena sistem kerja dari trojan win32.VB.pod adalah dengan menghidden file asli kita dan menampilkan file duplikatnya dalam format .exe. Itu semata-mata agar kita terkecoh untuk meng-klik file duplikat tersebut, dan selanjutnya penyebaran trojan win32.VB.pod ini akan semakin menjadi.
Langkah-langkah dalam mengembalikan file yang dihidden virus trojan win32.VB.pod adalah :

  • Klik kanan pada drive flashdisk anda, lalu pilih Properties

  • Bandingkan kapasitas Free Space dan Used Space, jika Used Space lebih besar daripada Free Space tetapi file yang ada dalam flashdisk tidak sebanyak itu maka berbangga hatilah karena kemungkinan besar ada file anda yang di hidden, tetapi jika sebaliknya atau bahkan flashdisk anda kosong maka file anda hilang semua.

  • Jika file anda masih ada atau di hidden oleh virus win32.VB.pod, maka lakukan langkah berikut ini :
  • Masuk ke Command Prompt dengan cara Klik Start lalu pilih run kemudian dalam kotak run anda isi dengan “CMD” (tanpa tanda kutip)

  • Setelah jendela Command Prompt keluar maka selanjutnya anda tinggal ketikkan drive flashdisk anda diikuti dengan tanda : (titik dua), misalnya drive flashdisk anda E maka anda ketikkan E: lalu tekan enter.

  • Kini anda berada di dalam drive flashdisk anda, kemudian anda ketikkan “dir” (tanpa tanda kutip) lalu tekan enter kemudian lihat hasilnya sudah muncul atau belum file yang anda cari? Jika belum maka ketikkan “dir/a” atau “dir /a” (keduanya tanpa tanda kutip) kemudian tekan enter kembali lihatlah apakah file atau folder yang anda sekarang sudah terlihat?

  • Jika sudah terlihat maka langkah selanjutnya adalah ketikkan:
      attrib –s –h –r /s /d” (tanpa tanda kutip) tunggu beberapa detik setelah muncul drive flashdisk pada jendela Command Prompt anda misalnya E:> maka proses pengembalian file atau folder telah selesai.
  • Masuk ke My Computer lalu buka flashdisk anda dengan cara klik ganda, maka Insya Allah file beserta folder dalam flashdisk anda sekarang telah kembali.

  • Sebenarnya cara diatas dapat digunakan untuk mengembalikan file atau folder yang berada dalam harddisk atau media storage lainnya yang perlu dilakukan adalah mengganti drive nya saja.
    Keterangan:
    attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt
    -s = menghilangkan atribut System File
    -h = menghilangkan atribut Hidden File
    -r = menghilangkan atribut Read Only File
    /s = sub directory
    /d = directory
    dir = melihat isi dari sebuah directory
    dir /a = melihat isi dari sebuah directory beserta atribut file nya (juga berfungsi untuk menampilkan file hidden).
    Demikian cara memperbaiki file flash disk yang di hidden virus trojan win32.VB.pod.
    //


    cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer

    cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer


    Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca / Terdeteksi di Komputer
    Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi di Komputer - Kali ini saya mau berbagi tips sederhana dalam mengatasi flashdisk yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi. Sering sekali pasti sobat menemukan hal yang seperti ini. Sama halnya juga saya, flashdisk tidak terbaca atau flashdisk tidak terdeteksi itu masalah gampang :)
    Ada beberapa alasan kenapa flashdisk tidak bisa terbaca di komputer, antara lain: 
    1. Flashdisk tidak terdeteksi karena rusak secara fisik
    2. Flashdisk tidak dapat terbaca karena kemungkinan driver bermasalah
    3. Flahsdisk tidak terbaca karena port USB rusak
    4. Flashdisk tidak Connect bisa jadi karena settingan bios, Windows bermasalah
    5. Dan masih banyak lagi penyebab lainnya mengapa flashdisk tidak dapat terbaca di PC atau Laptop


    Lalu bagaimana Cara Mengatasi Flashdisk yang tidak terbaca atau flashdisk tidak terdeteksi di PC/Laptop 
    1. Coba colokkan USB pada Port USB yang lain atau pindah-pindah, jika belum berhasil coba colokan ke PC lain, apabila berhasil maka USB kita tidak bermasalah dan kecurigaan 100% kepada PC.
    2. Atau dilakukan sebaliknya, coba colokan USB lain di PC kita (jika ada) dan/atau perangkat lain yang menggunakan usb port. Dengan asumsi, jika alat yang kita hubungkan terdeteksi, maka port USB tidak bermasalah.
    3. Cek di settingan BIOS barangkali disable sengaja atau tidak, hal ini bisa saja terjadi perubahan setting dengan tidak kita sadari manakala baterai MotherBoard kita udah soak / lemah.
    4. Cek di Device Manager , caranya :
      • Klik start > settings > Control Panels.
      • Dobel Klik pada icon system
      • Setelah terbuka jendela Syistem Properties, klik tab Hardware
      • Klik tombol Device Manager
      • Kemudian cek di bagian Universal Serial Bus Controllers, terlihat ada masalah
      • Tanda tanya pada bagian ini menandakan hardware tidak dikenal atau td ada driver
      • Tanda silang berwarna merah pada bagian ini menandakan disable, maka jika ini terjadi lakukan klik kanan dan pilih enable
      • Termasuk dalam hal ini kemungkinan perlu install ulang driver USB Flash disk
    5. Cek pada registry, caranya :
      • Klik Start > Run
      • Ketikan : regedit kemudian enter
      • Masuk ke : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\UsbStor
      • Pada value Dwords harus bernilai 3 (enable), jika bukan 3 maka update dengan 3 lalu close dan restart
      • Kemungkinan yang lainnya adalah PC terjangkit Virus, maka harus dibersihkan dari virus dengan menggunakan anti virus
      • Jika mencurigai sebuah software yang baru diinstall sebagai penyebabnya maka coba uninstall dahulu software tersebut.
    Itulah beberapa alasan dan cara mengatasi USB/Flashdisk tidak bisa terbaca atau tidak terdeteksi di komputer maupun laptop. Jika Anda mengalami hal ini, silakan ikuti petunjuk-petunjuk diatas untuk mengatasinya. Mudah-mudahan dapat membantu. 
    Terima kasih.

    Cara Mempercepat Loading Blog (5 Kiat Optimalisasi Elemen Blog)

    Cara Mempercepat Loading Blog (5 Kiat Optimalisasi Elemen Blog)



    percepat blog-optimalkan blog-load time-SEO-fast load time
    Kiat dan cara lengkap membuat blog di-load dengan cepat (Tutorial Lengkap)
    Kecepatan loading blog adalah hal yang sangat penting, baik bagi kenyamanan pengunjung dan juga SEO. Waktu load (load time) yang terlalu lama dapat membuat pengunjung ngacir sebelum dapat membaca seluruh isi sebuah halaman.
    Sebenarnya, wajar apabila blog memiliki waktu load yang agak lebih lama daripada website, karena blog identik dengan beberapa widget yang dipasang baik sebagai alat navigasi maupun untuk fungsi/fitur yang lainnya. Rata-rata semua widget tersebut banyak yang memakai javascript, otomatis waktu loading cenderung lebih lama. Ada baiknya juga jika kita melakukan minimalisasi ukuran file yang dimuat.
    Kecepatan internet di Indonesia rata-rata lebih lambat dibanding negara lain, sehingga load time halaman sejauh di bawah 2 menit saya kira masih wajar dan ditolerir (mengingat banyaknya provider internet yang lemot).

    Ada beberapa poin yang dapat kita lakukan untuk mengurangi waktu loading blog berdasarkan elemen-elemennya:

    1. CSS
    CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa styling yang seringkali kita tambahkan pada HTML. Untuk mengurangi ukuran CSS pada template HTML, lakukan kompresi CSS baik secara manual ataupun dengan tool. Fungsinya adalah mengurangi besar file dan waktu baca browser. Lalu, letakkan aturan-aturan CSS di bagian atas.

    2. JavaScript
    JavaScript memiliki waktu baca yang cenderung lebih lama, sehingga apabila diletakkan di atas, browser akan membaca lebih dahulu, sedangkan elemen yang lain akan menunggu hingga loading tersebut selesai. Akibatnya, elemen yang ingin segera dilihat menjadi terpengaruh, terutama bagian posting/artikel. Oleh karena itu, elemen-elemen yang mengandung javascript (terutama di bagian widget) sebaiknya diletakkan di bagian bawah.
    Gunakan widget-widget keluaran Blogger dan Google karena javascript-nya dapat dimuat dengan cepat. Apabila terpaksa harus menggunakan javascript eksternal, upload dan hosting file js-nya hanya untuk penggunaan pribadi. Gunakan layanan upload dan host javascript dengan load cepat dan untuk pribadi.

    3. Posts (Bagian Posting)
    Pada halaman utama (homepage), jumlah posting atau artikel yang ditampilkan juga mempengaruhi loading blog. Apabila posting/artikel yang ditampilkan terlalu banyak, maka waktu loading pun akanbertambah. Tampilkan artikel-artikel pada halaman utama dengan jumlah yang sewajarnya, misalnya 5. Untuk mengesetnya, buka dashboard >> Design/Rancangan >> klik 'edit' pada badan blog post >> tulis jumlah/angka posting yang ingin ditampilkan. Lihat gambar berikut:


    Untuk lebih mengoptimalkannya, potong sebagian isi posting/artikel pada halaman utama dengan menggunakan fitur "auto readmore/baca selanjutnya".

    4. Gambar/Image/Picture
    Gambar berfungsi untuk memperindah tampilan, memberikan kesan, dan menjadi simbol perwakilan dan interpretasi isi artikel. Namun, gambar yang berukuran besar juga menghambat loading blog, oleh karena itu diperlukan adanya taktik dalam menggunakan gambar. Gambar berformat PNG memang lebih disukai karena transparansinya akan tetapi ukuran file yang dibutuhkan jauh lebih besar tapi usahakan untuk menggunakan gambar berformat JPG. Bila tetap harus menggunakan file gambar PNG, seperti pada header, background blog maupun posting, kurangi/kompres ukurannya dengan PNG compression tool yg mengurangi kualitas gambar.
    Ketka menambahkan gambar pada posting, berikan ukuran yang fixed atau buatlah thumbnail, agar browser dapat langsung membacanya dengan cepat. Misalnya:


    Ini berarti, gambar akan berukuran 80% dari gambar aslinya. Atau bisa juga dengan ukuran pixel (px), misalnya width="100px" height="100 px". Ini untuk membuatnya menjadi thumbnail (gambar preview).

    Jika harus mengupload gambar ke pihak ketiga, gunakan situs upload dan hosting gambar yang load-nya cepat, misalnya Photobucket. Lihat pula list situs upload dan hosting gambar gratis lainnya yang bisa juga digunakan untuk gambar favicon (ico).

    5. Widget/Gadget
    Widget merupakan bagian penting dari sebuah blog. Akan tetapi jika widget yang digunakan terlalu banyak, semakin lama pula waktu loading halaman. Gunakan widget-widget yang penting dan terutama menunjang navigasi. Hindari widget-widget yang tidak begitu penting dan bahkan tidak mendukung isi blog, misalnya widget jam, kalender, photoshow, dan lain-lain. Widget tersebut saya sebut tidak penting karena sebenarnya pengunjung tidak membutuhkan itu, waktu loading jadi lebih berat, dan tidak memberikan efek apapun bagi performa blog.

    Optimalkan ke-lima poin atau elemen tersebut untuk mempercepat waktu loading blog dan meningkatkan performa-nya.

    JARINGAN KOMPUTER

    osted by HARIS A.H in Uncategorized.

    JARINGAN KOMPUTER

    Tiga abad sebelum sekarang, masing-masing ditandai dengan dominasi yang berbeda. Abad ke-18 didominasi oleh perkembangan sistem mekanik yang mengiringi revolusi industri. Abad ke-19 merupakan jaman mesin uap. Abad ke-20, teknologi radio, tv dan komputer memegang peranan untuk pengumpulan, pengolahan dan media distribusi informasi. Abad ke-21 saat ini atau era-informasi, dimana teknologi jaringan komputer global yang mampu menjangkau seluruh wilayah dunia, pengembangan sistem dan teknologi yang digunakan, penyebaran informasi melalui media internet, peluncuran satelit-satelit komunikasi dan perangkat komunikasi wireless/selular menandai awal abad millenium.
    Sejak me-masyarakat-nya internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft Inc., menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang mudah dan biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang bertujuan menekan anggaran belanja (efisiensi anggaran) khususnya peralatan komputer, maka kebutuhan akan sebuah jaringan komputer merupakan satu hal yang tidak bisa terelakkan.

    1.1      Pengertian Jaringan Komputer

    Jaringan komputer adalah ”interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
    Autonomous adalah apabila sebuah komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh, sehingga dapat membuat komputer lain, restart, shutdows, kehilangan file atau kerusakan sistem.
    Dalam defenisi networking yang lain autonomous dijelaskan sebagai jaringan yang independent dengan manajemen sistem sendiri (punya admin sendiri), memiliki topologi jaringan, hardware dan software sendiri, dan dikoneksikan dengan jaringan autonomous yang lain. (Internet merupakan contoh kumpulan jaringan autonomous yang sangat besar.)
    Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti: file, printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, dll). Data yang berupa teks, audio maupun video, bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer  dapat saling bertukar  file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/software  yang terhubung dalam jaringan bersama-sama
    Tiap  komputer, printer atau  periferal  yang terhubung dalam jaringan disebut dengan ”node”. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.
    Didalam jaringan komputer dikenal sistem koneksi antar node (komputer),  yakni:

    1.1.1 Peer to peer

    Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer, terhubung langsung dengan kabel crossover atau wireless atau juga dengan perantara hub/switch.
    Komputer pada jaringan peer to peer ini biasanya berjumlah sedikit dengan 1-2 printer. Untuk penggunaan khusus, seperti laboratorium komputer, riset dan beberapa hal lain, maka model peer to peer ini bisa saja dikembangkan untuk koneksi lebih dari 10 hingga 100 komputer.
    Peer to peer adalah suatu model dimana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai  PC lain, Tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur sistem komunikasi dan penggunaan resource komputer yang terdapat dijaringan, dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama.
    Misalnya terdapat beberapa unit komputer dalam satu departemen, diberi nama group sesuai dengan departemen yang bersangkutan. Masing-masing komputer diberi alamat IP dari satu kelas IP yang sama agar bisa saling sharing untuk bertukar data atau resource yang dimiliki komputer masing-masing, seperti printer, cdrom, file dan lain-lain.

    Gambar 1.1. Peer to peer

    1.1.2 Client – Server

    Client Server merupakan model jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer sebagai server yang memberikan resource-nya kepada komputer lain (client) dalam jaringan, server akan mengatur mekanisme akses resource yang boleh digunakan, serta mekanisme komunikasi antar node dalam jaringan.
    Selain pada jaringan lokal, sistem ini bisa juga diterapkan dengan teknologi internet. Dimana ada suatu unit komputer) berfungsi sebagai server yang hanya memberikan pelayanan bagi komputer lain, dan client yang juga hanya meminta layanan dari server. Akses dilakukan secara transparan dari client dengan melakukan login terlebih dulu ke server yang dituju.
    Client hanya bisa menggunakan resource yang disediakan server sesuai dengan otoritas yang diberikan oleh administrator. Aplikasi yang dijalankan pada sisi client, bisa saja merupakan resource yang tersedia di server. namun hanya bisa dijalankan setelah terkoneksi ke server. Pada implementasi software splikasi yang di-install disisi client berbeda dengan yang digunakan di server.
    Jenis layanan Client-Server antara lain :
    File Server : memberikan layanan fungsi pengelolaan file.
    Print Server : memberikan layanan fungsi pencetakan.
    Database Server : proses-proses fungsional mengenai database dijalankan pada mesin ini dan stasiun lain dapat minta pelayanan.
    DIP (Document Information Processing) : memberikan pelayanan fungsi penyimpanan, manajemen dan pengambilan data.
    Gambar 1.2. Model Client-Server dengan sebuah Server yang berfungsi umum
    Gambar 1.3. Model Client-Server dengan Dedicated Server

    1.1.3 Kelebihan jaringan peer to peer
    ü       Implementasinya murah dan mudah
    ü       Tidak memerlukan software administrasi jaringan yang khusus
    ü       Tidak memerlukan administrator jaringan
    1.1.4 Kekurangan jaringan peer to peer
    ü       Jaringan tidak bisa terlalu besar (tidak bisa memperbesar jaringan)
    ü       Tingkat keamanan rendah
    ü       Tidak ada yang memanajemen jaringan
    ü       Pengguna komputer jaringan harus terlatih mengamankan komputer masing-masing
    ü       Semakin banyak mesin yang disharing, akan mempengaruhi kinerja komputer
    1.1.5 Kelebihan jaringan client server
    ü       Mendukung keamanan jaringan yang lebih baik
    ü       Kemudahan administrasi ketika jaringan bertambah besar
    ü       Manajemen jaringan terpusat
    ü       Semua data bisa disimpan dan di backup terpusat di satu lokasi
    1.1.6 Kekurangan jaringan client server
    ü   Butuh administrator jaringan yang profesional
    ü   Butuh perangkat bagus untuk digunakan sebagai komputer server
    ü   Butuh software tool operasional untuk mempermudah manajemen jaringan
    ü   Anggaran untuk manajemen jaringan menjadi besar
    ü   Bila server down, semua data dan resource diserver tidak bisa diakses

    1.2   Jaringan Komputer dan Sistem Terdistribusi

    Sebelum jaringan komputer popular, user komputer pernah mengenal sistem terdistribusi. Terdapat hal yang cukup membingungkan dalam pemakaian istilah jaringan komputer dan sistem terdistribusi (distributed system).
    Persamaannya adalah keduanya merupakan sekumpulan komputer yang saling terkoneksi dengan dengan media transmisi yang relatif tidak jauh berbeda, sama-sama harus memindahkan file. Perbedaan yang lebih spesifik antara Jaringan Komputer dan Sistem Distribusi sbb:
    Tabel 1.1. Perbedaan Jaringan Komputer & Sistem Terdistribusi
    JARINGAN KOMPUTER SISTEM TERDISTRIBUSI
    Komputer yang terhubung merupakan gabungan yang terdiri dari beberapa workstation atau juga gabungan komputer server dan client Komputer yang terhubung terdiri dari host (komputer utama) dan terminal-terminal (komputer yang terhubung dengan komputer host)
    Beberapa komputer terhubung agar dapat sharing, namun tiap pekerjaan ditangani sendiri sendiri oleh komputer yang meminta dan dimintai layanan. Server hanya melayani permintaan sesuai antrian yang sudah diatur sistem. Beberapa host komputer terhubung agar dapat mengerjakan sebuah atau beberapa pekerjaan besar bersama. Host melayani beberapa terminal dan melakukan proses berdasarkan input dari terminal-terminal
    Kualitas komunikasi data dipengaruhi oleh media transmisi yang digunakan. Lamanya suatu proses dipengaruhi oleh spesifikasi hardware masing-masing station yg meminta layanan.
    User dapat mengetahui proses yang sedang berlangsung (di komp station atau di server).
    Kualitas komunikasi data dipengaruhi oleh sistem.
    Lamanya suatu proses tergantung Sistem Operasi yang akan memilih prosesor komputer mana yang akan digunakan.
    User tidak dapat mengetahui proses yang sedang berlangsung di host.
    Metode komunikasi antar komputer dengan model Peer to Peer atau Client Server. Metode komunikasi antar komputer tersentralisasi (terpusat pada komputer utama/host)
    Masing-masing node atau workstation (pada metode peer to peer) tidak membutuhkan komputer server khusus untuk menangani seluruh pekerjaan. Antar node bisa saling bertukar file atau resource yang dimiliki, sesuai keinginan/permission yg diatur pemilik komputer. Masing-masing terminal membutuhkan host (komputer utama) untuk dapat aktif melakukan pekerjaan dan berkomunikasi dengan terminal lain. Antar terminal tidak dapat saling sharing file atau resource tanpa campur tangan host (supervisor host).
    Masing-masing user disetiap workstation (client) sadar betul akan proses yang sedang terjadi apabila ia meminta layanan atau mengirimkan data keserver. User secara explisit (nyata) harus “login” pada server, kalau ingin memanfaatkan resource yang dimiliki oleh server. Secara explisit menyampaikan tugasnya dari jauh, secara explisit memindahkan file-file, namun secara umum menangani sendiri seluruh manajemen jaringan. Masing-masing user disetiap terminal tidak dapat menyadari proses yang berlangsung pada sistem
    User tidak perlu melakukan pekerjaan secara explisit, karena semua proses dan manajemen dilakukan/ ditangani secara otomatis oleh sistem tanpa diketahui user. Meskipun secara umum seorang user pada tiap terminal juga harus login untuk bisa memanfaatkan resource host.
    Tiap user memiliki identitas & password yang unik untuk dapat login serta menggunakan resource yang terdapat di server. Umumnya user tidak bisa menggunakan ID yang sama, untuk login ke server, namun policy seorang Admin dapat merubah aturan ini agar sebuah ID dapat digunakan bersama-sama secara terbatas. Tiap user juga memiliki ID dan password untuk dapat login ke host & menggunakan resource yang disediakan. Umumnya beberapa terminal dapat menggunakan ID yang sama untuk login ke komp host, namun Admin/Supervisor sistem dapat merubah dengan hanya mengijinkan satu ID untuk tiap terminal.
    Keberadaan sejumlah komputer dalam jaringan tidak harus transparan disatu lokasi, sehingga secara fisik tidak dapat dilihat oleh user lain yang berada dalam jaringan. Keberadaan sebuah atau sejumlah komputer atau terminal autonomous, bersifat transparan (jelas) bagi user, biasanya berada dalam suatu area lokasi.
    Spesifikasi hardware server tidak harus lebih baik dari hardware client Spesifikasi hardware host (komputer utama) harus lebih baik dari terminal.
    Merupakan sistem yang menggabungkan kinerja perangkat dan aplikasi dari physical layer sampai dengan application layer Merupakan suatu sistem perangkat lunak yang dibuat dan bekerja pada lapisan atas sebuah sistem jaringan.
    Perbedaan utama antara jaringan komputer dan sistem terdistribusi lebih terletak pada perangkat lunaknya (khususnya sistem operasi) bukan pada perangkat kerasnya, karena perangkat lunaklah yang menentukan tingkat keterpaduan dan transparansi jaringan yang bersangkutan.

    1.3   Sejarah Jaringan & Internet

    1.3.1 Jaringan Komputer

    Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. (Lihat Gambar 1.4) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), dan untuk pertama kali terbentuklah jaringan (network) komputer pada lapis aplikasi.
    Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
    Gambar 1.4. Jaringan komputer model TSS.
    Pada tahun 1957 Advanced Research Projects Agency (ARPA) dibentuk oleh Departement of Defence (DoD) USA, 1967 disain awal dari ARPANET diterbitkan dan tahun 1969 DoD menggelar pengembangan ARPANET dengan mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik (program ini dikenal dengan nama ARPANET).
    Gambar 1.5. Jaringan komputer model distributed processing.
    Seperti pada Gambar diatas, dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara seri untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara paralel disetiap host komputer. Pada proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
    Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam, dari mulai menangani proses bersama-sama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) tanpa melalui kendali komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan satu sama lain, hingga terbentuklah jaringan raksasa WAN.














    1.3.2 Sejarah Singkat Internet dan Web
    1957:  Advanced Research Projects Agency (ARPA) dibentuk oleh Departement of Defence (DoD) USA.
    1959: Len Kleinrock menulis paper tentang packet switching.
    1967: Disain awal dari ARPANET diterbitkan.
    1969: DoD menggelar pengembangan ARPANET
    1970: ARPANET mulai menggunakan Network Control Protocol (NCP)
    1972:  InterNetworking Working Group(INWG) dibentuk untuk mempromosikan standar yang sudah disepakati bersama. Spesifikasi dari telnet, diusulkan.
    1973:  Ide ethernet dijabarkan dalam thesis PhD dari Bob Metcalfe. Spesifikasi untuk File Transfer, RFC 454, diusulkan.
    1974:  Disain dari TCP/IP dijabarkan secara rinci oleh Vint Cerf dan Bob Kahn dalam “A Protocol for Packet Network Intercommunication”.
    1982:  TCP/IP menjadi protokol untuk ARPANET dan ini dispesifikasikan oleh DoD.
    1992: Jumlah Internet hosts melampaui 1.000.000. Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser. University of Nevada mengeluarkan sistem Veronica. Sebuah WWW browser yang bernama Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW.
    1993:  NSF membuat InterNIC untuk menjalankan Internet service seperti pendaftaran domain.Versi pertama dari Mosaic (untuk X Window) yang dikembangkan oleh Marc Andreesen dikeluarkan oleh NCSA White House online. National Information Infrastructure Act lolos dan pemerintah Amerika Serikat mulai lebih serius dalam penanganan Website.
    1994: PizzaHut online, merupakan contoh pertama dari aplikasi komerisal Internet. Spam mail menjadi kasus besar setelah sebuah lembaga hukum yang bernama Canter & Siegel menyebarkan mail ke seluruh dunia tentang servis untuk mendapatkan “green card”. First Virtual menjalankan “CyberBank” yang pertama. Ditahun 1994 ini Yahoo! didirikan dan juga menjadi tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.
    1995: Compuserve, America Online, dan Prodiy mulai memberikan servis akses keInternet.Perusahaan Marc Andreesen, Netscape Communication Corporation, menjadi publik dan menjadi nomor 3 tertinggi untuk harga Initial Public Offericng (IPO) share di NASDAQ. NFS tidak lagi meng-gratiskan pendaftaran domain. Pengguna domain mulai membayar untuk sebuah domain yang digunakan dan dihosting ke internet.

    1.4  Tujuan / Manfaat Jaringan Komputer

    Manfaat jaringan komputer bagi user dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu: untuk kebutuhan perusahaan, dan jaringan untuk umum.
    Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah:
    Resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan.
    Saving Money (Penghematan uang/anggaran): Perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer
    High reliability (kehandalan tinggi): Sistem Informasi Manajemen Kantor Terpadu atau Sistem Pelayanan Satu Atap dengan teknologi client-server, internet maupun intranet dapat diterapkan pada jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan akurat sesuai kebutuhan dan harapan.
    Manfaat jaringan komputer untuk umum:
    Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang  mejadi daya tarik jaringan komputer pada  perorangan yaitu:
    • access ke informasi  yang berada di tempat lain (seperti akses berita terkini, info e-goverment, e-commerce atau e-business, semuanya up to date).
    • komunikasi person to person (seperti e-mail, chatting, video conferene dll).
    • hiburan interaktif (seperti nonton acara tv on-line, radio streaming, download film atau lagu, dll).

    1.5   Masalah-masalah sosial yang ditimbulkan dari Jaringan Komputer (internet)

    Penggunaan jaringan oleh masyarakat luas akan menyebabkan timbulnya masalah-masalah sosial, etika, politik, maupun ekonomi yang tak terelakkan. Internet telah masuk ke segala  penjuru kehidupan masyarakat, semua orang dapat  memanfaatkannya tanpa memandang status sosial, usia, juga jenis kelamin.
    Penggunaan internet tidak akan menimbulkan masalah selama subyeknya terbatas pada topik-topik teknis, pendidikan atau hobi, juga hal-hal yang masih dalam batas norma-norma kehidupan, tetapi kesulitan mulai muncul bila suatu situs di internet mempunyai topik yang sangat menarik perhatian orang, seperti pertentangan politik, agama, sex, dll.
    Koneksi jaringan komputer/internet ini juga akan menimbulkan masalah ekonomi yang serius bila teknologinya dimanfaatkan oleh fihak-fihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan pribadi namun merugikan fihak lain, misalnya kegiatan carding, download software komersil secara ilegal dll.
    Gambar-gambar yang dipasang disitus-situs internet mungkin merupakan sesuatu yang biasa bagi sebahagian orang, namun sangat mengganggu bagi sebagian orang lain (karena bisa menimbulkan masalah SARA).
    Selain itu, bentuk pesan-pesan tidaklah terbatas hanya pesan tekstual saja. Foto berwarna dengan resolusi tinggi dan bahkan videoclip singkatpun sekarang sudah dapat dengan mudah disebar-luaskan melalui jaringan komputer.
    Sebagian orang dapat bersikap acuh tak acuh, tapi bagi sebagian lainnya pemasangan materi tertentu (misalnya pornografi) merupakan sesuatu yang tidak dapat diterima.

    1.6   Jenis-Jenis jaringan

    Secara umum jaringan komputer  terbagi menjadi 3 jenis jaringan yaitu :

    1.6.1 Local Area Network (LAN)

    Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antar node tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.
    Gambar 1.6. Local Area Network (LAN)

    1.6.2 Metropolitan Area Network (MAN)

    Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti propinsi atau negara bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank didalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan lainnya.
    Gambar 1.7. Metropolitan Area Network

    1.6.3 Wide Area Network (WAN)

    Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain.
    Sebagai contoh jaringan komputer kantor City Bank yang ada di Indonesia ataupun yang ada di negara lain, yang saling berhubungan, jaringan ATM Master Card, Visa Card atau Cirrus yang tersebar diseluruh dunia dan lain-lain.
    Biasanya  WAN  lebih  rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan LAN maupun MAN. Menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN kedalam komunikasi global seperti internet, meski demikian antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.
    Gambar 1.8. Wide Area Network
    Tabel 1.2. Interkoneksi berdasarkan jarak antar node
    Nilai-nilai yang terdapat pada tabel diatas, bukan merupakan nilai mutlak bagi jarak yang menghubungkan antar komputer, karena jarak tersebut bisa saja lebih pendek tergantung kondisi area suatu wilayah.


    1.7 Rangkuman
    Jaringan komputer (jarkom) adalah ”interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
    Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti: file, printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, dll).
    Tiap  komputer, printer atau  periferal  yang terhubung dalam jaringan disebut dengan ”node”. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih.
    Peer to peer adalah suatu model dimana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai  PC lain, Tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur sistem komunikasi dan penggunaan resource komputer yang terdapat dijaringan, dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama.
    Client Server merupakan model jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer sebagai server yang memberikan resource-nya kepada komputer lain (client) dalam jaringan.